Hari ini tanggal 25- februari -2013 pertemuan ketiga Manajemen Pemasaran
Jasa dengan dosen kami bapak Amril Muhammad, hari ini kami membahasmengenai
“analisis lingkungan pemasaran “
Dari perkuliahan hari ini yang harus di ketahui hakikatnya adalah Lingkungan
pemasaran , yaitu pelaku dan berbagai kekuatan diluar marketing yang
mempengaruhi kemampuan mengelola marketingnya.
Bisnis jasa terbagi menjadi 2 dengan dilihat siapa pelakunya Yaitu:
1. Microenvironment :kekuatan yang paling dengan
perusahaan yang mempengaruhi kemampuan suatu perusahaan untuk melayani
pelanggannya.
Contoh dari microenvirontment: komponen dalam
perusahaan itu sendiri, penyuplai, market channel
2. Macroenvironment : masyarakat/lingkungan yang
lebih luas tetapi juga dapat mempengaruhi kemampuan suatu perusahaan.
- demografik
mempengaruhi jumlah penjualan, semakain
banyak penduduk dalam suatu wilayah pemasran kita maka akan semakin banyak
keuntungan yang akan kita peroleh .mempengaruhi:
1) size
2) density
3) location
4) age
5) gender
6) race
7) occupation
8) other statistic
-
economic
atau kemampuan ekonomi masyarakat, hal ini masih berhubungan dengan demograpic,
walupun wilayah itu padat penduduk tetapi barang yang jita pasarkan tidak
sesuai dengan daya beli masyarakat, maka pemasaran seperti itu akan percuma .
-
natural
atau alam, dengan memakai teknologi yang canggih maka akan ada kebanggaan
tersendiri dari perusahaan dan juga konsumen. politik , kebijakan monopoli
- monopoli perdagangan.
marketing manajemen job adalah
keaktifan dalam melancarkan strategi
-strategi pemasaran dan juga membangun hubungan
dengan konsumen. kita membuat sesuatu yang dianggap berharga dan
dihargai oleh konsumen.
seorang marketing manajemen tidak
dapat mengerjakan aktivitas manajemen seorang diri maka ia perlu membangun
hubungan dengan semua orang agar saling terkait dikenal dengan istilah interdepedents. ada beberapa faktor yang
mempengaruhi micro dan macroenvirontmen, yaitu :
1.
top manajer ( memberi Visi dan misi )
2.
finance ( keuangan )
3.
riset and development ( uji coba mencari apa yang dibutuhkan masyarakat )
4.
purchasing ( pembelian )
5.
manufacturing
6.
accounting ( pencatatan dan pengklasifikasian hal - hal yang perlu
diperhitungkan )