Selasa, 26 Maret 2013

pertemuan 5- Positioning

hari ini pertemuan kelima Mnaajemen Pemasaran dengan materi Positioning, dengan paparan dari presentasi kelompok 1
Positioning dapat diartikan  sebagai arti produk dan bagaimana pelanggan mengevaluasi produk/jasa kita.

Positioning juga berarti sebagai upaya menempatkan produk dan merek dalam persepsi pembeli. Positioning bertujuan untuk menempatkan produk di pasar sehingga berbeda dengan pesaing, memposisikan produk hingga dapat menyampaikan hal pokok, mencapai hasil yang diharapkan untuk pemenuhan kebutuhan segmen pasar, meminimalkan perubahan mendadak dalam penjualan, menciptakan keyakinan pelanggan

Ada 2  jenis bentuk Brand Positioning
1)  yaitu Positioning single brand 
2) Positioning multiple brand. 
Keduanya memiliki prosedur positioning, dan menurut Hiam dan Schewe (1994) prosedur positioning
 sebagai berikut:
(1) Menentukan produk pasar yang relevan, 
(2) Pendataan kebutuhan pelanggan,
(3)  Mengidentifikasi pesaing  , 
(4) Menentukan standar evaluasi, 
(5) Membuat konseptual map, 
(6) Mengidentifikasi kesenjangan posisi, 
(7) Merencanakan dan melaksanakan strategi positioning, 
(8) Memantau posisi.

untuk Positioning kita sering mendengar istilah Brand Positioning yang artinya penempatan merek di pasar.
 Selain itu terdapat juga Procedure Positioning yang dilakukan dengan cara menentukan produk pasar yang relevan, melakukan pendataan kebutuhan pelanggan yang mengidentifikasikan pesaing, menentukan standar evaluasi, menetukan perceptual map, mengidentifikasi kesenjangan posisi, merencanakan dan melaksanakan strategi positioning, dan memantau posisi.


didalam aktivitasnya kegiatan positioning dalam manajemen pemasaran, 
beberapa pendekatan
 dalam pelaksanaannya, (Craven) pendekatan positioning : 
(1) Functional concept, 
(2) Symbolic consep, 
(3) Experimental concept, 
(4) Helath concept, 
(5) Price quality concept, 
(6) User concept, 
(7) Attribute positioning concept, 
(8) Application positioning, 
(9) Benefit positioning, 
(10) Competitor positioning.


materi lainya yaitu diferensiasi produk yaitu strategi positioning yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk membedakan produknya dengan produk pesaing, lainnya Repositioning yaitu produk atau perusahaan direposisi untuk memperbaiki positioning yang salah atau menambah positioning yang lamban.





MENULISLAH SELAGI KAU BISA..
CERITAKAN APA YANG KAU RASAKAN HARI INI MELALUI TULISAN
SEBAB TULISANMU ADALAH HAL MENAKJUBKAN YANG AKAN KAU INGAT SELAMA MASA HIDUPMU