Positioning dapat diartikan sebagai arti produk dan bagaimana pelanggan mengevaluasi produk/jasa kita.
Positioning juga berarti sebagai
upaya menempatkan produk dan merek dalam persepsi pembeli. Positioning bertujuan
untuk menempatkan produk di pasar sehingga berbeda dengan pesaing, memposisikan
produk hingga dapat menyampaikan hal pokok, mencapai hasil yang diharapkan
untuk pemenuhan kebutuhan segmen pasar, meminimalkan perubahan mendadak dalam
penjualan, menciptakan keyakinan pelanggan
Ada 2 jenis bentuk Brand
Positioning
1) yaitu Positioning single brand
2) Positioning multiple brand.
Keduanya memiliki prosedur positioning, dan menurut Hiam dan Schewe (1994)
prosedur positioning
sebagai berikut:
(1) Menentukan produk pasar yang relevan,
(2) Pendataan kebutuhan pelanggan,
(3) Mengidentifikasi pesaing ,
(4) Menentukan standar evaluasi,
(5) Membuat konseptual map,
(6)
Mengidentifikasi kesenjangan posisi,
(7) Merencanakan dan melaksanakan strategi
positioning,
(8) Memantau posisi.
untuk Positioning kita sering mendengar istilah Brand Positioning yang
artinya penempatan merek di pasar.
Selain itu terdapat juga Procedure
Positioning yang dilakukan dengan cara menentukan produk pasar yang
relevan, melakukan pendataan kebutuhan pelanggan yang mengidentifikasikan
pesaing, menentukan standar evaluasi, menetukan perceptual map,
mengidentifikasi kesenjangan posisi, merencanakan dan melaksanakan strategi positioning,
dan memantau posisi.
didalam aktivitasnya kegiatan positioning dalam manajemen
pemasaran,
beberapa pendekatan
dalam pelaksanaannya, (Craven) pendekatan positioning :
(1) Functional
concept,
(2) Symbolic consep,
(3) Experimental concept,
(4) Helath concept,
(5)
Price quality concept,
(6) User concept,
(7) Attribute positioning concept,
(8)
Application positioning,
(9) Benefit positioning,
(10) Competitor positioning.
materi lainya yaitu diferensiasi produk yaitu strategi positioning yang banyak digunakan
oleh perusahaan untuk membedakan produknya dengan produk pesaing, lainnya Repositioning yaitu produk atau perusahaan direposisi untuk memperbaiki positioning yang
salah atau menambah positioning yang lamban.