Manajemen pemasarasan
jasa
Hari ini tanggal 4
maret kami melakukan Petemuan ke-4 dengan materi yaitu segmentation targeting
and positioning
Dalam pertemuan kali
ini kami membahas tentang segmentasi
Segmentasi adalah proses
membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut: kebutuhan,
karakteristik, perilaku, konsumen, yang mungkin membutuhkan produk yang
berbeda.
Kebutuhan dibagi menjadi
3:
1. Rutin
: makanan. Pakaian pendidikan
2. Incidental
: karena ada sesuatu yang harus dipenuhi
3. Periodic
: bazaar di supermarket.
3 strategi diferensiasi pasar:
1. Tanpa
perbedaan
2. Melakukan
perbedaan
3. Terfokus
Segmentasi dilihat dari
karakteristik : sifatnya gender contohnya: sekolah khusus putra atau putri atau
sekolah untuk putra dan putri
Sebelum seorang manajer
membangun suatu bisnis terlebih dahulu harus melakukan marketing research guna
mengetahui:
-
Besar pasar
-
Daya beli konsumen
-
Perbedaan soft skill
-
Pesaing : nilai keunggulan produk yang
dimunculkan
-
Keterjangkauan : mudah atau tidaknya memperoleh
barang itu
-
SDM : kesiapan dari calon tenaga kerja tersebut.
Dasar alternative segmentasi:
1. Segmentasi
demografis : gender, usia, ukuran banyaknya keluarga (banyak anak & tanggunganya)
2. Segmentasi
sosio ekonomis : pendapatan, pendidikan, kelas sosial, etnic
3. Segmentasi
psikografis : perilaku dan gaya hidup
4. Segmentasi
geografis: lingkup pasar (mall ada di sudut jalan/ 2 sisi jalan, dgn yang mudah
transprottasinya) kepadatan penduduk iklim
5. Segmentasi
benefit : manfaat yang diperoleh. Contoh lulusan sarjana dapat diperoleh
contohnya saja: lulusan sarjana akan mendapat tempat kerja yang nyaman dan
pendapatan yang besar.
6. Segmentasi
penggunaan : heavy users : hampir selalu, missal : sepatu Medium users : sandal gunung occasional
users : jarang-jarang non users : misalnya pembeli yang membeli untuk diberikan
lagi kepada orang lain, contohnya hadiah, kado , parcel dll.
Targeting (pemilihan)
Proses memutuskan
pasar mana yang akan dilayani
-
Lembaga apa?
-
Segmentasinya apa?
-
Kenapa memilih itu?
Seleksi pasar sasaran : pendekatan SWOT
Pasar sasaran: terdiri dari kumpulan pembeli dengan
kebutuhan / karakteristik serupa yang akan dilayani
Tiga strategi yang dipilih : tanpa perbedaan, ada perbedaan
dan terfoukus.
Landasan targeting:
-
Sumber daya perusahaan
-
Variabilitas produk beragam
-
Tahapan produk dalam daur hidup
-
Variabilitas pasar
-
Strategi pesaing