Minggu, 03 Maret 2013

segmentation targeting and positioning



Manajemen pemasarasan jasa
Hari ini tanggal 4 maret kami melakukan Petemuan ke-4 dengan materi yaitu segmentation targeting and positioning
Dalam pertemuan kali ini kami membahas tentang segmentasi
Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut: kebutuhan, karakteristik, perilaku, konsumen, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.
Kebutuhan dibagi menjadi 3:
1.       Rutin : makanan. Pakaian pendidikan
2.       Incidental : karena ada  sesuatu yang harus dipenuhi
3.       Periodic : bazaar di supermarket.
3 strategi diferensiasi pasar:
1.       Tanpa perbedaan
2.       Melakukan perbedaan
3.       Terfokus
Segmentasi dilihat dari karakteristik : sifatnya gender contohnya: sekolah khusus putra atau putri atau sekolah untuk putra dan putri
Sebelum seorang manajer membangun suatu bisnis terlebih dahulu harus melakukan marketing research guna mengetahui:
-          Besar pasar
-          Daya beli konsumen
-          Perbedaan soft skill
-          Pesaing : nilai keunggulan produk yang dimunculkan
-          Keterjangkauan : mudah atau tidaknya memperoleh barang itu
-          SDM : kesiapan dari calon tenaga kerja tersebut.
Dasar alternative segmentasi:
1.       Segmentasi demografis : gender, usia, ukuran banyaknya keluarga  (banyak anak & tanggunganya)
2.       Segmentasi sosio ekonomis : pendapatan, pendidikan, kelas sosial,  etnic
3.       Segmentasi psikografis :  perilaku dan gaya hidup
4.       Segmentasi geografis: lingkup pasar (mall ada di sudut jalan/ 2 sisi jalan, dgn yang mudah transprottasinya) kepadatan penduduk iklim
5.       Segmentasi benefit : manfaat yang diperoleh. Contoh lulusan sarjana dapat diperoleh contohnya saja: lulusan sarjana akan mendapat tempat kerja yang nyaman dan pendapatan yang besar.
6.       Segmentasi penggunaan : heavy users : hampir selalu, missal : sepatu   Medium users :  sandal gunung       occasional users : jarang-jarang    non users : misalnya pembeli yang membeli untuk diberikan lagi kepada      orang lain, contohnya hadiah, kado , parcel dll.                                       
                                                                                
Targeting (pemilihan)
Proses memutuskan pasar mana yang akan dilayani
-          Lembaga apa?
-          Segmentasinya apa?
-          Kenapa memilih itu?
Seleksi pasar sasaran : pendekatan SWOT
Pasar sasaran: terdiri dari kumpulan pembeli dengan kebutuhan / karakteristik serupa yang akan dilayani
Tiga strategi yang dipilih : tanpa perbedaan, ada perbedaan dan terfoukus.
Landasan targeting:
-          Sumber daya perusahaan
-          Variabilitas produk beragam
-          Tahapan produk dalam daur hidup
-          Variabilitas pasar
-          Strategi pesaing


MENULISLAH SELAGI KAU BISA..
CERITAKAN APA YANG KAU RASAKAN HARI INI MELALUI TULISAN
SEBAB TULISANMU ADALAH HAL MENAKJUBKAN YANG AKAN KAU INGAT SELAMA MASA HIDUPMU