Hari
ini adalah hari senin tanggal 25 maret 2013, tepatnya kami melakukan
perkuliahan manajemen pemasaran jasa, hari ini adalah bagian kelompok 2 yang
memaparkan materi tentang Bauran pemasaran Jasa, perkuliahan hari ini tidak
didampingi dosen mata kuliah kami yaitu Bapak Amril Muhammad, SE. M.Pd. karena
ada urusan yang harus diselesaikan oleh beliau. Perkuliahan dimulai pada pukul 08.30
WIB, ruang 307 Gedung Daksinapati. Presentasi
dimulai dengan kelompok 2 yang beranggotakan Dessy Dwi N, Fauzan Adhi Nugroho,
Kurniawan Ramadhan, Nourcinta Alifia dan Setiawan Afif.
Bauran Pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran.
Jadi Bauran
Pemasaran merupakan sarana taktis perusahaan untuk menentukan positioning yang
kuat dalam pasar sasaran
Di dalam Marketing mix Terdapat
4 elemen penting dalam bauran pemasaran dilihat dari penjual yang di singkat
4P,
antara lain:
1. Product : bagaimana produsen menciptakan suatu barang/jasa yang dapat bermanfaat untuk
masyarakat.
2. Price : bagaimana seorang produsen mematok harga barang produksinya agar dapat menutupi cost perusahaan tersebut.
3. Place : bagaimana seorang produsen menentukan tempat perusahaannya agar mudah di jangkau oleh masyarakat.
4. Promotion : bagaimana produsen memperkenalkan dan memasarkan barang produksi kepada masyarakat semenarik mungkin agar masyarakat tertarik kepada barang produksinya.
tetapi kalau dilihat dari pembeli bauran pemasaran dapat disingkat menjadi 4C, antara lain:
1. Costomer solution (solusi konsumen) :bagaimana barang yang dihasilkan oleh produsen dapat bermanfaat dan mengurangi permasalahan hidup konsumen.
2. Customer cost (harga konsumen) : bagaimana harga yang dikeluarkan oleh produsen dapat terjangkau oleh para komsumen dengan melihat rata-rata pendapatan masyarakat.
3. Covinience (kenyamanan) : bagaimana konsumen mendapatkan kenyamanan dari pelayanan yang telah dilakukan oleh produsen.
5. Communication (komunikasi) : bagaimana produsen memasarakan hasil produksi kepada konsumen dengan menggunakan promosi-promosi yang dapat dimengerti oleh konsumen dan menggunakan bahasa yang yang mudag dimengerti.
Didalam
bauran pemasaran, elemen yang tidak kalah pentingnya yaitu promosi. Promosi adalah upaya untuk
memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik
calon konsumen
untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan. dengan Sasaran dan tugas promosi antara
lain:
1. promosi informative
2. promosi persuasive
3. promosi mengingatkan.
Unsure yang
terkandung yaitu kemasan, labeling, dan pelayanan. Kemasan memiliki fungsi sebagai pelindung isi (protection), untuk memberikan kemudahan
dalam penggunaan, serta memberikan daya tarik artistik, juga sebagai identitas
dari suatu produk tersebut.
Manfaat dari pemberian suatu kemasan antara lain manfaat komunikasi, manfaat
fungsional, dan manfaat perseptual. Labeling merupakan kegiatan pemberian
label. Sedangkan, layanan pelengkap diantaranya informasi, konsultasi, order taking, billing, exceptions, dan pembayaran.
Kemudian ada satu konsep lagi yang dimiliki oleh bauran
pemasaran jasa yang biasa disingkat AIDA, apa itu AIDA? AIDA merupakan
singkatan dari Attention (perhatian),
Interest (minat), Desire (hasrat), Action (tindakan).
DALAM
SESI PERKULIAHAN KALI INI TERDAPAT 4 PERTANYAAN, SEMUA PERTANYAAN TELAH
TERJAWAB DENGAN BAIK OLEH PARA PEMAKALAH. PERKULIAHAN TELAH SELESAI PUKUL 10.30
WIB