Kamis, 04 April 2013

pertemuan ke 6- Bauran Pemasaran Jasa



Hari ini adalah hari senin tanggal 25 maret 2013, tepatnya kami melakukan perkuliahan manajemen pemasaran jasa, hari ini adalah bagian kelompok 2 yang memaparkan materi tentang Bauran pemasaran Jasa, perkuliahan hari ini tidak didampingi dosen mata kuliah kami yaitu Bapak Amril Muhammad, SE. M.Pd. karena ada urusan yang harus diselesaikan oleh beliau. Perkuliahan dimulai pada pukul 08.30 WIB, ruang 307 Gedung Daksinapati.  Presentasi dimulai dengan kelompok 2 yang beranggotakan Dessy Dwi N, Fauzan Adhi Nugroho, Kurniawan Ramadhan, Nourcinta Alifia dan Setiawan Afif.

Bauran Pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran.
Jadi  Bauran Pemasaran merupakan sarana taktis perusahaan untuk menentukan positioning yang kuat dalam pasar sasaran

Di dalam Marketing mix Terdapat 4 elemen penting dalam bauran pemasaran dilihat dari penjual yang di singkat 4P,
 antara lain:

1. Product : bagaimana produsen menciptakan suatu barang/jasa yang dapat bermanfaat untuk
 masyarakat.

2. Price : bagaimana seorang produsen mematok harga barang produksinya agar dapat menutupi cost perusahaan tersebut.

3. Place : bagaimana seorang produsen menentukan tempat perusahaannya agar mudah di jangkau oleh masyarakat.

4. Promotion : bagaimana produsen memperkenalkan dan memasarkan barang produksi kepada masyarakat semenarik mungkin agar masyarakat tertarik kepada barang produksinya.

tetapi kalau dilihat dari pembeli bauran pemasaran dapat disingkat menjadi 4C, antara lain:

1. Costomer solution (solusi konsumen) :bagaimana barang yang dihasilkan oleh produsen dapat bermanfaat dan mengurangi permasalahan hidup konsumen.

2. Customer cost (harga konsumen) : bagaimana harga yang dikeluarkan oleh produsen dapat terjangkau oleh para komsumen dengan melihat rata-rata pendapatan masyarakat.

3. Covinience (kenyamanan) :  bagaimana konsumen mendapatkan kenyamanan dari pelayanan yang telah dilakukan oleh produsen.

5. Communication (komunikasi) : bagaimana produsen memasarakan hasil produksi kepada konsumen dengan menggunakan promosi-promosi yang dapat dimengerti oleh konsumen dan menggunakan bahasa yang yang mudag dimengerti.

         Didalam bauran pemasaran, elemen yang tidak kalah pentingnya yaitu promosi. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. dengan Sasaran dan tugas promosi antara lain:
1.       promosi informative
2.      promosi persuasive
3.      promosi mengingatkan.
 Unsure yang terkandung yaitu kemasan, labeling, dan pelayanan. Kemasan memiliki fungsi sebagai pelindung isi (protection), untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan, serta memberikan daya tarik artistik, juga sebagai identitas dari suatu produk tersebut.
Manfaat dari pemberian suatu kemasan antara lain manfaat komunikasi, manfaat fungsional, dan manfaat perseptual. Labeling merupakan kegiatan pemberian label. Sedangkan, layanan pelengkap diantaranya informasi, konsultasi, order taking, billing, exceptions, dan pembayaran.
Kemudian ada satu konsep lagi yang dimiliki oleh bauran pemasaran jasa yang biasa disingkat AIDA, apa itu AIDA? AIDA merupakan singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat), Action (tindakan).
            DALAM SESI PERKULIAHAN KALI INI TERDAPAT 4 PERTANYAAN, SEMUA PERTANYAAN TELAH TERJAWAB DENGAN BAIK OLEH PARA PEMAKALAH. PERKULIAHAN TELAH SELESAI PUKUL 10.30 WIB
MENULISLAH SELAGI KAU BISA..
CERITAKAN APA YANG KAU RASAKAN HARI INI MELALUI TULISAN
SEBAB TULISANMU ADALAH HAL MENAKJUBKAN YANG AKAN KAU INGAT SELAMA MASA HIDUPMU