Hari
ini hari senin, pertemuan ke dua Manajemen Pemasaran Jasa, Alhamdulillah saya datang tepat waktu, karena
Dosen Manajemen Pemasaran kami yaitu bapak Amril, kurang suka dengan mahasiswa
yang suka datang terlambat, maka dari itu saya yang tinggal di bogor, tepatnya
di kecamata Citeureup ini berangkat lebih pagi lagi dari rumah yaitu sekitar
pukul 05.00 WIB.
Pada
pertemuan kedua Dosen kami membahas dua materi dalam dua powerpoint sekaligus,
powerpoint yang pertama beliau menjelaskan tentang marketing, dan apasaja faktor
yang membuat bisnis itu berhasil.
Faktor yang membuat bisnis itu berhasil:
· -
Focus yang kuat pada pelanggan
· -
Komitmen yang besar
Dari hasil perkuliahan yang saya ‘tangkap’
hari ini adalah perusahaan memberikan
dedikasi untuk memahami dan memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Bagaimana
caranya? Yaitu dengan pemasaran yang baik, sebelumnya apakah yang dimaksud
dengan pemasaran?
Pemasaran
adalah proses sosial dan menejerial yang mana individu dan kelompok memperoleh
yang dibutuhkan dan diinginkan melalui pembuatan dan pertukaran produk dan
bernilai bagi yang lain.
Nah dari penjelasan
yang diatas, berarti kita telah menemukan 2 perbedaan antara kebutuhan dan
keinginan.
·
Kebutuhan: apa yang dibutuhkan oleh
konsumen
·
Keinginan: adalah kebutuhan konsumen
yang telah dikaitkan dengan budaya dan kepribadian konsumen itu.
Produk: segala sesuatu
yang ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian agar dapat memiliki ,
penggunaan / dapat dinikmati .
Produk sendiri memiliki
dua jeniis yaitu produk barang dan jasa.
Materi lain yang
dijelaskan adalah FIlosofi manajemen pemasaran, ada 5 konsep yang terdapat
dalam filosofi manajemen pemasaran.
Yaitu:
· 1.
Production concept : yaitu adalah sebuah
perusahaan membuat barang yang sebanyak-banyaknya semakin banyak menciptakan
barang maka semakin murah juga harga yang ditawarkan
·
2.Product concept : mengacu pada kualitas
produk nya
· 3.
Selling concept : konsep penjualan
· 4.
Marketing concept : kebutuhan orang
(needs & want)
·
Societal marketing concept : konsep ini
mengacu pada program CSR nya dan masyarakat dibuat menilai dampak dari produk
yang dihasilkan perusahaan tersebut.
Materi
selanjutnya dari pertemuan hari ini adalah penjelasan mengenai jasa dan karakteristik jasa dari hasil pembahasan,
diketahui bahwa :
Jasa
adalah semua aktivitas ekonomi yang mana bentuknya produknya bukan produk fisik
atau yang di konstruksikan secara umum untuk dikonsumsi pada saat diproduksi
dan meningkatkan nilai tambah (seperti menyenangkan, terhibur, nyaman)
(zenthamil & bitner th 1996)
Sedangkan jasa menurut kottler adalah Setiaap
kegiatan/ manfaat yang dapat ditawar kan oleh satu pihak kepada pihak lain yang
tidak terwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun yang mungkin terkait
dengan produk fisik.
Adalagi karakteristik
jasa yaitu:
1.
Intangibility
2.
Inseparability
3.
Variability
4.
Perishability
Ada beberapa kunci
sukses jasa :
·
Pembaharuan penyajian
·
Lokasi
·
Adanya kontrak
·
Pemberian informasi
·
Determining the strategy