Senin, 25 Februari 2013

pertemuan ke-2 Manajemen Pemasaran Jasa



Hari ini hari senin, pertemuan ke dua Manajemen Pemasaran Jasa,  Alhamdulillah saya datang tepat waktu, karena Dosen Manajemen Pemasaran kami yaitu bapak Amril, kurang suka dengan mahasiswa yang suka datang terlambat, maka dari itu saya yang tinggal di bogor, tepatnya di kecamata Citeureup ini berangkat lebih pagi lagi dari rumah yaitu sekitar pukul 05.00 WIB.
Pada pertemuan kedua Dosen kami membahas dua materi dalam dua powerpoint sekaligus, powerpoint yang pertama beliau menjelaskan tentang marketing, dan apasaja faktor yang membuat bisnis itu berhasil.
     Faktor yang membuat bisnis itu berhasil:
·        - Focus yang kuat pada pelanggan
·        - Komitmen yang besar
 Dari hasil perkuliahan yang saya ‘tangkap’ hari ini adalah perusahaan  memberikan dedikasi untuk memahami dan memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan pemasaran yang baik, sebelumnya apakah yang dimaksud dengan pemasaran?
Pemasaran adalah proses sosial dan menejerial yang mana individu dan kelompok memperoleh yang dibutuhkan dan diinginkan melalui pembuatan dan pertukaran produk dan bernilai bagi yang lain.
Nah dari penjelasan yang diatas, berarti kita telah menemukan 2 perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.
·         Kebutuhan: apa yang dibutuhkan oleh konsumen
·         Keinginan: adalah kebutuhan konsumen yang telah dikaitkan dengan budaya dan kepribadian konsumen itu.
Produk: segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian agar dapat memiliki , penggunaan / dapat dinikmati .
Produk sendiri memiliki dua jeniis yaitu produk barang dan jasa.
Materi lain yang dijelaskan adalah FIlosofi manajemen pemasaran, ada 5 konsep yang terdapat dalam filosofi manajemen pemasaran.
Yaitu:
·        1. Production concept : yaitu adalah sebuah perusahaan membuat barang yang sebanyak-banyaknya semakin banyak menciptakan barang maka semakin murah juga harga yang ditawarkan
·         2.Product concept : mengacu pada kualitas produk nya
·        3.  Selling concept : konsep penjualan
·        4.  Marketing concept : kebutuhan orang (needs & want)

·         Societal marketing concept : konsep ini mengacu pada program CSR nya dan masyarakat dibuat menilai dampak dari produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Materi selanjutnya dari pertemuan hari ini adalah penjelasan mengenai jasa dan  karakteristik jasa dari hasil pembahasan, diketahui bahwa :
Jasa adalah semua aktivitas ekonomi yang mana bentuknya produknya bukan produk fisik atau yang di konstruksikan secara umum untuk dikonsumsi pada saat diproduksi dan meningkatkan nilai tambah (seperti menyenangkan, terhibur, nyaman) (zenthamil & bitner th 1996)
Sedangkan jasa menurut kottler adalah Setiaap kegiatan/ manfaat yang dapat ditawar kan oleh satu pihak kepada pihak lain yang tidak terwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun yang mungkin terkait dengan produk fisik.
Adalagi karakteristik jasa yaitu:
1.      Intangibility
2.      Inseparability
3.      Variability
4.      Perishability
Ada beberapa kunci sukses jasa :
·         Pembaharuan penyajian
·         Lokasi
·         Adanya kontrak
·         Pemberian informasi
·         Determining the strategy

Minggu, 24 Februari 2013

PERTEMUAN PERTAMA MANAJEMEN-PEMASARAN JASA



Hari ini tanggal 11-02—13, pertama kalinya kami melakukan  perkuliahan manajemen pemasaran jasa dengan dosen kami, yaitu bapak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
Dalam perkuliahan pertama ini, seperti biasa kami berkenalan dengan mata kuliah yang akan kami pelajari serta kontrak kuliah, tidak lupa acara perkenalan dan alamat rumah serta asal sekolah kami masing-masing dibaca kan oleh dosen kami,
Di pertemuan pertama juga, kami membahas tentang beberapa penyakit yang harus dihindari oleh semua mahasiswa seperti penyakit:
A.      MUAL : MUtu Amat Lemah
B.      KUDIS : KUrang DISiplin
C.      KURAP:KUrang RApih
D.      ASMA : ASal MAsuk
E.       TBC     : Tidak Bisa Computer
F.       LESU   : LEmah SUmber
G.     KRAM :Kurang teRAMpil.

Selasa, 12 Februari 2013

semester 4 is coming

Hari ini tepat hari Selasa, tanggal 12 februari 2013,
hari kedua di awal semester 4 berjalan..
Alhamdulillah, dan..gak kerasa yah tiba tiba hari ini saya telah berdiri dan menjejaki masa pertengahan perkuliahan , fase-fase yg menurut para seniorsenior adalah fase kejenuhan, dimana mahasiswa nya kebanyakan nongkrongnya dari pada dalem kelasnya..
lah kok bisa? -,-
iya soalnya menurut mereka ,yg udah ngerti seluk beluk perkuliahan, mereka udah paham betul karakter para dosen dan situasi perkuliahan, beda banget pas masih jadi Maba kebanyakan lebih "rapih" dan giat banget jadi mahasiswa/i eeeng pengalaman sih hehe
maksudnya giat gimana sih sar? ituuuloooh yang kalo ada kuliah jam 8 dia jam setengah 8 udah duduk anteng dalem kelas,  trus kalo dosen ngasih tugas, malem hari nya udah anteng depan komputer buka socmed, eh browsing google, eh ngerjain tugas!!
hahaha
beda banget nih sama yg masuk ke smt 3 smt 4 , kebanyakan mahasiswa udah mulai aktif di organisasi, yg kaya gini nih hobi nongkrong di sekre nya masing masing, trus trus buat mahasiswa/i yg punya bakat jadi pengusaha., ciyeeee ahaaayde, mereka mereka masuk kelas trus mulai beraksi nawarin dagangan, buka internet juga buat ngunduh gambar dagangannya, (nahkalo yg gini ga ada nih dikelas saya) ehehe,
trus kamu sendiri, gimana sar?
saya? emmm ya gimana yaah, sebagai mahasiswa yanggg..... (aktip apa pasip yak?) aduuh bingung jelasinnya nih saya kasih tau dulu yah..
sekarang, Sarah Nisa Adillah, telah terdaftar dalam perkuliahan 098 alias semester 4 di manajemen pendidikan reguler. masih pegang jabatan sebagai ketua komisi A, sekaligus ketua pengawas biro kaderisasi di DPM MP 2013/2014 masih aktif ikut di berbagai seminar, kajian yang berbau-bau pendidikan dan keagamaan, (sok religi lo sar!) hik..hik..hik --,
nah jadi begitu deh saya, oh iya, semester 4 ini juga adalah permulaan dari perjalanan baru sarah ni, saya yg awalnya anak kost.an mulai dari semster 1-semester 3 harus udah terbiasa menempuh jarak kurleb 30km setiap hari yaitu citeureup rawamangun hoaaaaaaaa..capek? banget!!
jadi begitu deh, kalo saya mau dibilang sebagai mahasiswi yang bagaimana, saya hanya bissa menjawab, saya hanya mahasiswa biasa (pake aja apa banget sar) saya mahasiswa biasa aja!
kuliah dateng pas-pasan gak lebih gak kurang, organisasi sewajarnya aja rapat datang, ga ada keperluan ya pulang, masalah IP? emm sebenenenya nih kalo menyangkut masalah IP harus nya cuma saya dan Alloh yg tau, tapi karena IP saya standar juga (IP saya menetap kisaran 3,45- 3,54) jadiiii ya semester sekarang harapan saya ada kemajuan lah dalam masalah IP! semoga smester sekarang saya berhasil 4! Aamiin ya Allah Aamiin, bisa lah pasti..
makadari itu.. 
semester 4 ini adalah penentuan awal perubahan hidup seorang sarah :)
MENULISLAH SELAGI KAU BISA..
CERITAKAN APA YANG KAU RASAKAN HARI INI MELALUI TULISAN
SEBAB TULISANMU ADALAH HAL MENAKJUBKAN YANG AKAN KAU INGAT SELAMA MASA HIDUPMU