Senin, 25 Februari 2013

pertemuan ke-2 Manajemen Pemasaran Jasa



Hari ini hari senin, pertemuan ke dua Manajemen Pemasaran Jasa,  Alhamdulillah saya datang tepat waktu, karena Dosen Manajemen Pemasaran kami yaitu bapak Amril, kurang suka dengan mahasiswa yang suka datang terlambat, maka dari itu saya yang tinggal di bogor, tepatnya di kecamata Citeureup ini berangkat lebih pagi lagi dari rumah yaitu sekitar pukul 05.00 WIB.
Pada pertemuan kedua Dosen kami membahas dua materi dalam dua powerpoint sekaligus, powerpoint yang pertama beliau menjelaskan tentang marketing, dan apasaja faktor yang membuat bisnis itu berhasil.
     Faktor yang membuat bisnis itu berhasil:
·        - Focus yang kuat pada pelanggan
·        - Komitmen yang besar
 Dari hasil perkuliahan yang saya ‘tangkap’ hari ini adalah perusahaan  memberikan dedikasi untuk memahami dan memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan pemasaran yang baik, sebelumnya apakah yang dimaksud dengan pemasaran?
Pemasaran adalah proses sosial dan menejerial yang mana individu dan kelompok memperoleh yang dibutuhkan dan diinginkan melalui pembuatan dan pertukaran produk dan bernilai bagi yang lain.
Nah dari penjelasan yang diatas, berarti kita telah menemukan 2 perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.
·         Kebutuhan: apa yang dibutuhkan oleh konsumen
·         Keinginan: adalah kebutuhan konsumen yang telah dikaitkan dengan budaya dan kepribadian konsumen itu.
Produk: segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian agar dapat memiliki , penggunaan / dapat dinikmati .
Produk sendiri memiliki dua jeniis yaitu produk barang dan jasa.
Materi lain yang dijelaskan adalah FIlosofi manajemen pemasaran, ada 5 konsep yang terdapat dalam filosofi manajemen pemasaran.
Yaitu:
·        1. Production concept : yaitu adalah sebuah perusahaan membuat barang yang sebanyak-banyaknya semakin banyak menciptakan barang maka semakin murah juga harga yang ditawarkan
·         2.Product concept : mengacu pada kualitas produk nya
·        3.  Selling concept : konsep penjualan
·        4.  Marketing concept : kebutuhan orang (needs & want)

·         Societal marketing concept : konsep ini mengacu pada program CSR nya dan masyarakat dibuat menilai dampak dari produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Materi selanjutnya dari pertemuan hari ini adalah penjelasan mengenai jasa dan  karakteristik jasa dari hasil pembahasan, diketahui bahwa :
Jasa adalah semua aktivitas ekonomi yang mana bentuknya produknya bukan produk fisik atau yang di konstruksikan secara umum untuk dikonsumsi pada saat diproduksi dan meningkatkan nilai tambah (seperti menyenangkan, terhibur, nyaman) (zenthamil & bitner th 1996)
Sedangkan jasa menurut kottler adalah Setiaap kegiatan/ manfaat yang dapat ditawar kan oleh satu pihak kepada pihak lain yang tidak terwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun yang mungkin terkait dengan produk fisik.
Adalagi karakteristik jasa yaitu:
1.      Intangibility
2.      Inseparability
3.      Variability
4.      Perishability
Ada beberapa kunci sukses jasa :
·         Pembaharuan penyajian
·         Lokasi
·         Adanya kontrak
·         Pemberian informasi
·         Determining the strategy

MENULISLAH SELAGI KAU BISA..
CERITAKAN APA YANG KAU RASAKAN HARI INI MELALUI TULISAN
SEBAB TULISANMU ADALAH HAL MENAKJUBKAN YANG AKAN KAU INGAT SELAMA MASA HIDUPMU