Hari
ini, Senin 29 April 2013 seperti biasa jadwal perkuliahan Manajemen Pemasaran
Jasa dalam Pendidikan di mulai pada pukul 08.00 WIB ruang 307, Gedung
Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Didampingi
oleh dosen dari Jurusan Manajemen Pendidikan yaitu Bapak Amril Muhammad, SE.
M.Pd. Pada pertemuan ini masih sama seperti pertemuan sebelumnya, perkuliahan
di mulai dari presentasi materi yang disajikan oleh kelompok. kelompok 6 yang beranggotakan Aulya Novianty,
Farandiza Rosalia, Maulana Idris dan Zahara Mardila.
materi
yang akan di bahas pada minggu ini adalah kebijakan harga. Materi ini juga
berkaitan dengan materi yang diberikan sebelumnya. Perusahaan yang telah memilih
segmentasi pasar, membuat produk baru dan menetukan pasar, maka hal yang
terpenting selanjutnya adalah menentukan kebijakan harga produk yang akan
dipasarkan kepada masyarakat. Tapi dalam proses menentukan harga produk yang
akan dipasarkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan perusahaan sebelum
memasarkan produk tersebut.
Dalam
menentukan harga ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, antara lain
1) Permintaan produk,
2)
Target pangsa pasar,
3)
Reaksi pesaing,
4)
Penggunaan strategi penetapan harga,
5)
Bagian lain dari bauran pemasaran (seperti produk, saluran pemasaran dan
promosi).
Pertama-tama
hal yang harus diketahui adalah, apa itu kebijakan? Kebijakan adalah tuntutan
atau pedoman manajerial yang akan diperlukan untuk membuat keputusan –
keputusan di masa yang akan datang bilamana situasi menuntutnyaHarga adalah
alat pengukur dasar sebuah sistem ekonomi karena harga mempengaruhi alokasi
faktor-faktor produksi. Harga sebuah produk atau jasa merupakan faktor penentu
utama permintaan pasar.
Unsur-unsur
program pemasaran yang paling mudah disesuaikan dengan ciri-ciri produk,
saluran, bahkan promosi. Harga menentukan nilai suatu produk.
Sementara
kebijakan harga juga dapat didefinisikan sebagai
keputusan mengenai biaya yang dikeluarkan
perusahaan untuk memproduksi suatu barang atau jasa ditambah dengan persentase
laba yang diinginkan perusahaan, karena itu untuk mencapai laba yang diinginkan
oleh perusahaan salah satu cara yang dilakukan untuk menarik minat konsumen
adalah dengan cara menentukan harga yang tepat untuk produk yang terjual.