Minggu, 21 April 2013

Pengaruh Merk Dagang dan Konsep Nilai dalam Pemasaran




Pada hari ini masuk pada pertemuan ke-8, manajemen pemasaran jasa pada hari Senin 15 April 2013, dalam ruang 307, bersama bapak Amril Muhammad, S.E., M.Pd kelompok 4 yang kali ini akan memaparkan materi kelompoknya kelompok empat beranggotakan  Dita Rosmaya, Armandio Muhammad, Lutvi Yanti, Ihah Farihah, dan Nelson Petrus.
Apakah merek itu? Merk adalah nama atau identitas suatu produk. Merk mempunyai sebuah makna, bukan hanya sekedar nama. Mewakili produk seperti apa yang dibangun ataupun menggambarkan jenis usaha tersebut.
Untuk memilih nama merk bukan hal yang mudah, karena merk dapat mewakili suatu produk yang dipasangkannya.
-       menggambarkan nilai suatu produk,
-       mengandung filosofi,
-       menggambarkan jenis usaha, lokasi, status serta menunjukan sejarah atau level dari perusahaan dan produknya.
Karakteristik dari suatu merek:
1.       merek yang utama adalah yang tidak mudah ditiru dan di ingat karena merek adalah identitas utama dari suatu produk.
2.      Merek harus terdaftar secara resmi dan memiliki hak paten, agar memiliki kekuatan dalam badan hokum serta memiliki undang-undang yang kuat.
Status hukum merk diatur dalam UU No. 19 Tahun 1992, yang mencakup tentang hak atas merk, ketentuan pendaftaran merk, pemberian lisensi sampai kepada peraturan terkait pelanggaran atas pemakaian suatu merk.
Merk dagang terdiri dari dua bagian, yakni nama merk (berupa huruf, kata dan angka) serta tanda merk (berupa symbol, desain dan warna). Terdapat dua jenis merk :
1.    Merk nasional : yaitu merk yang produk nya buatan Indonesia asli yang misalnya pabrik kecap di Sukabumi.
2.    Merk swasta : merk yang produknya bukan asli buatan Indonesia misalnya PT Unilever dll.
istilah ekuitas merk, yaitu nilai tambah yang diberikan pada produk. Ekuitas merk timbul karena perbedaan respon konsumen, akibat pengetahuan mereka yang berbeda akan merk tertentu.
Nilai atau value adalah perkiraan pelanggan tentang kapasitas keseluruhan produk untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.  Nilai dari setiap produk sebenarnya akan sangat tergantung kepada seberapa dekat datang ke sasaran yang ideal. Nah konsep dari nilai inilah yang menjadi tolak ukur nilai seumur hidup pelanggan
MENULISLAH SELAGI KAU BISA..
CERITAKAN APA YANG KAU RASAKAN HARI INI MELALUI TULISAN
SEBAB TULISANMU ADALAH HAL MENAKJUBKAN YANG AKAN KAU INGAT SELAMA MASA HIDUPMU