Pada hari ini hari
senin tanggal 08 april tahun 2013 , kami melakukan perkuliahan Manajemen
Pemasaran Jasa dalam pertemuan 7 dilaksanakan pukul 08.30, ruang 307,
gd.Daksinapati. Perkuliahan di damping oleh dosen kami Bapak Amril Muhammad,
SE. M.Pd.
Pada pertemuan kami kali ini membahas mengenai materi Pengembangan dan Penciptaan Produk, yang dipaparkan oleh kelompok 3 yang beranggotakan Amelia Susanti, Salman Mu'adz, Winda Purnama, Rizki Okta Pratiwi dan Wishal Dwi Praja.
Pada pertemuan ini ada beberapa hal pokok yang menjadi dasar dalam materi ini:
1.
konsep produksi : yaitu organisasi harus
mengetahui produk apa yang konsumen bisa melakukan permintaan lebih banyak dari
penawaran yang dilakukan oleh organisasi, jadi konsep ini menitik beratkan
kuantitas produk mereka.
2.
konsep produk : konsep dimana organisasi berusaha untuk
membuat produk dengan mutu, kinerja dan inovasi yang baik sehingga nantinya
produk tersebut akan terus unggul disbanding produk pesaingnya.
3.
konsep penjualan : organisasi menitik
beratkan pemasaran produknya pada kegiatan menjual, mereka akan melakukan
banyak kegiatan promosi pada banyak tempat untuk mengenalkan produk mereka pada
para konsumen.
4.
Konsep Pemasaran berwawasan sosial : organisasi yang melakukan pemasaran produk
dengan memikirkan kondisi sosial masyarakat di sekitarnya, sehingga organisasi
harus meyakinkan jika masyarakat menggunakan produknya maka akan berpengaruh
positif terhadap lingkungan sosial di sekitar mereka.
Definisi produk
adalah segala sesuatu yang dapat
ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan, Meliputi : Barang fisik , Jasa , Tempat , Organisasi ,
Dan , gagasan
Untuk itu produk
memilki 5 tingkatan yaitu :
1. Manfaat
Inti Jasa atau manfaat dasar yang
sesungguhnya dibeli dari pelanggan.
2. Produk
dasar , Perubahan dari manfaat dasar yang ditawarkan menjadi sebuah produk
nyata.
3. Produk
yang diharapkan , Menyiapkan suatu produk dengan set dan atribut yang
diharapkan dan disetujui pembeli
4. Produk
yang ditingkatkan Pemasar menyiapkan produk yang ditingkatkan, sehingga
tercipta produk yang melampaui keinginan
dan harapan pelanggan
5. Produk
potensial , Produk potensial mencakup semua peningkatan dan transformasi yang
akhirnya akan dialami produk dimasa depan.
suatu lembaga harus
mengetahui produk apa saja yang sedang dan akan dibutuhkan oleh masyarakat
sehingga lembaga tersebut atau produsen dapat memenuhi kebutuhan masyarakat
tersebut dan konsep ini berdasarkan kepada kuantitas.
Setelah kelompok
selesai memaparkan materi kemudian Dosen
kami menambahkan sedikit tambahan materi
kepada kami mengenai apa yang belum dijelaskan oleh kelompok 3.
Berdasarkan presentasi yang diberikan oleh kelompok 3 hanya dalam segi produk
barang (goods) sedangkan tidak menjelaskan dari produk jasa (services). Dalam
menjalankan produk jasa lebih beresiko dibandingkan dengan produk barang.
Sehingga lembaga yang ingin membuat ataupun mengembangkan produk jasa maka
harus bisa menggung resiko yang lebih besar di kemudian hari. Dan diakhir
perkuliahan bapak Amril memberikan tugas
untuk membuat produk jasa dalam pendidikan baik formal atau non formal dengan mengembangkan
produk jasa yang akan kita buat. perkuliahan pun berakhir