Selasa, 16 April 2013

Pertemuan ke-7 Manajemen Pemasaran (penciptaan dan Pengembangan Produk)



Pada hari ini hari senin tanggal 08 april tahun 2013 , kami melakukan perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa dalam pertemuan 7 dilaksanakan pukul 08.30, ruang 307, gd.Daksinapati. Perkuliahan di damping oleh dosen kami Bapak Amril Muhammad, SE. M.Pd.

Pada pertemuan kami kali ini membahas mengenai materi Pengembangan dan Penciptaan Produk, yang dipaparkan oleh kelompok 3 yang beranggotakan Amelia Susanti, Salman Mu'adz, Winda Purnama, Rizki Okta Pratiwi dan Wishal Dwi Praja.

Pada pertemuan ini ada beberapa hal pokok yang menjadi dasar dalam materi ini:
1.       konsep produksi : yaitu organisasi harus mengetahui produk apa yang konsumen bisa melakukan permintaan lebih banyak dari penawaran yang dilakukan oleh organisasi, jadi konsep ini menitik beratkan kuantitas produk mereka.
2.      konsep produk  : konsep dimana organisasi berusaha untuk membuat produk dengan mutu, kinerja dan inovasi yang baik sehingga nantinya produk tersebut akan terus unggul disbanding produk pesaingnya.
3.      konsep penjualan : organisasi menitik beratkan pemasaran produknya pada kegiatan menjual, mereka akan melakukan banyak kegiatan promosi pada banyak tempat untuk mengenalkan produk mereka pada para konsumen.
4.      Konsep Pemasaran berwawasan sosial :  organisasi yang melakukan pemasaran produk dengan memikirkan kondisi sosial masyarakat di sekitarnya, sehingga organisasi harus meyakinkan jika masyarakat menggunakan produknya maka akan berpengaruh positif terhadap lingkungan sosial di sekitar mereka.
Definisi produk adalah  segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan atau  kebutuhan, Meliputi  : Barang fisik , Jasa , Tempat , Organisasi , Dan , gagasan
Untuk itu produk memilki 5 tingkatan yaitu :
1.      Manfaat Inti  Jasa atau manfaat dasar yang sesungguhnya dibeli dari pelanggan.
2.      Produk dasar , Perubahan dari manfaat dasar yang ditawarkan menjadi sebuah produk nyata.
3.      Produk yang diharapkan , Menyiapkan suatu produk dengan set dan atribut yang diharapkan dan disetujui pembeli
4.      Produk yang ditingkatkan Pemasar menyiapkan produk yang ditingkatkan, sehingga tercipta produk yang melampaui keinginan  dan harapan pelanggan
5.      Produk potensial , Produk potensial mencakup semua peningkatan dan transformasi yang akhirnya akan dialami produk dimasa depan.
suatu lembaga harus mengetahui produk apa saja yang sedang dan akan dibutuhkan oleh masyarakat sehingga lembaga tersebut atau produsen dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut dan konsep ini berdasarkan kepada kuantitas.
Setelah kelompok selesai memaparkan materi kemudian  Dosen kami menambahkan sedikit tambahan materi  kepada kami mengenai apa yang belum dijelaskan oleh kelompok 3. Berdasarkan presentasi yang diberikan oleh kelompok 3 hanya dalam segi produk barang (goods) sedangkan tidak menjelaskan dari produk jasa (services). Dalam menjalankan produk jasa lebih beresiko dibandingkan dengan produk barang. Sehingga lembaga yang ingin membuat ataupun mengembangkan produk jasa maka harus bisa menggung resiko yang lebih besar di kemudian hari. Dan diakhir perkuliahan bapak Amril  memberikan tugas untuk membuat produk jasa dalam pendidikan baik formal atau non formal dengan mengembangkan  produk jasa yang akan kita buat.  perkuliahan pun berakhir
MENULISLAH SELAGI KAU BISA..
CERITAKAN APA YANG KAU RASAKAN HARI INI MELALUI TULISAN
SEBAB TULISANMU ADALAH HAL MENAKJUBKAN YANG AKAN KAU INGAT SELAMA MASA HIDUPMU